Day 1 – Magang di Duxeos Software House 30 Jun 2014

Yupz 30 Juni 2014 menjadi hari pertama dan pengalaman pertama bagi saya dalam melaksanakan magang di salah satu software house yang berada di kota budaya Solo yaitu Duxeos. .Perusahaan ini menyediakan jasa untuk pembuatan website dan pembuatan sistem informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai pengalaman pertama magang selama saya hidup, tentu saja pertanyaan seperti magang disini disuruh ngapain ya? bisa gak ya ngerjain proyek- proyeknya? atau sukses gak ya magang saya di sini? selalu terlintas di benak saya.

Langsung saja, di hari pertama magang saya langsung bertemu dengan 19 orang yang juga menjabat sebagai maganger sama seperti saya. Tak lupa ada juga CEO, dan staff lain yang juga ada di  DuxeosKegiatan dimulai sekitar jam 08.30 WIB dengan saling memperkenalkan diri satu sama lain. Setelah perkenalan, sejujurnya saya tidak ingat satupun nama mereka selain yang berasal dari angkatan dan kelas yang sama dengan saya di perkuliahan he…he…he…

Setelah perkenalan, akhirnya kami diberi tugas pertama yaitu membuat tabel database yang dibutuhkan di suatu restoran dengan ketentuan tertentu. Berikut adalah syarat ketentuan yang berlaku dalam restoran tersebut :

  • Terdapat tiga tipe data => user, proses, dan hak akses
  • Proses 1 => Tipe user dapur ==> Menentukan jumlah stok makanan yang tersedia hari ini.Apabila bahan baku kurang, maka informasi kekurangan akan dikirim ke bagian purchasing. Sehingga  ada menu dan bahan baku yang terhubungProses 2 => Purchasing ==> Membuat formulir pembelian yg dittd oleh akutansi & diri
    sendiri.
  • Proses 3 => Inventory ==> Memasukkan informasi formulir pembelian & bahan baku
  • Proses 4 => Pelayan ==> melakukan order makanan dr customer. Setelah order masuk ke bagian dapur (ada 2 yaitu makanan dan minuman).  Bagian dapur akan menerima pesanan. Setelah selesai memasak, ada eksekusi bahwa makanan sudah siap untuk bisa diambil oleh pelayan.
  • Proses 5 => Ketika makanan sudah siap, pelayan akan langsung mengetahui & mengambil makanan di dapur serta langsung diantar ke customer. Setelah diantar akan langsung muncul di bagian kasir. Di tengah-tengah proses tersebut customer bisa menambah, membatalkan, maupun protes terhadap sajian makanan yang diterimanya,
  • Proses 6 =>  Setelah kasir selesai akan memunculkan nota. Status pelayan juga sudahberubah (sudah membayar).
  • Proses 7 =>  Ketika proses di dapur memasak, maka secara otomatis sistem akan mengurangi stok bahan yang digunakan dari inventory.

Berikut adalah gambar hasil pembuatan diagram ER dan Database nya :

Diagram ER Restoran

 

Database Restoran

Selama mengerjakan tugas tersebut satu per satu maganger dipanggil untuk diwawancara. Wawancara itupun dilakukan untuk memilih dua maganger yang beruntung sehingga mereka bisa terlibat langsung dengan salah satu proyek yang sedang ditangani. Tentu saja saya tidak terpilih untuk bergabung dengan proyek tersebut hahaha…

Setelah melaksanakan sholat dzhuhur pun kami sudah dibagi ke dalam lima kelompok dan saya masuk menjadi anggota kelompok empat yeeeeyyyy. Project yang harus dikerjakan adalah cURL. Apa itu saya juga belum tahu… untuk lebih jelasnya lagi baca postingan berikutnya ya….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s