Day 3 – Magang di Duxeos Software House 2 Juli 2014

Assalamu’alaykum Warohmatullohi Wabarokatuh….
Selamat pagi dunia… Semoga pagi ini puasanya masih lancar. Oke di postingan saya kali ini akan melanjutkan postingan yang sebelumnya pada Day 2 – Magang di Duxeos Software House. Masih ingat kan bahwa hari kedua magang diakhiri dengan kesuraman dimana target project yang harus dicapai pada hari itu masih belum berhasil. Karena hal itu juga pada malam harinya saya harus begadang untuk mencoba mengotak atik code yang sudah ada. Dengan bantuan salah seorang teman yang baik hati dan tidak sombong, akhirnya begadang pada hari itu diakhiri dengan sedikit senyum kebahagiaan di mana usaha untuk get all content pada halaman utama berhasil dilakukan. Wow… so touching…:)
Akhirnya di hari kedua ini kami mencoba untuk mengambil semua konten dari berbagai halaman pada web EkTools. Belum selesai tugas pertama untuk mengambil semua konten dari semua halaman yang ada. Pemilik perusahaan Duxeos sudah memberikan kami tugas baru yaitu untuk mendownload Opencart dan menginstallnya di localhost masing- masing.  Untuk penjelasan secara singkat saja, Opencart itu semacam tools yang bisa digunakan untuk ecommerce. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Opencart, mungkin readers bisa melihat proses dari instalasi dan sampai keluarnya tmpilan OpenCart di bawah ini :

1. Download Opencart

Untuk mendapatkan tools ini, Anda bisa mengunjungi web resminya dengan mengklik disini. Di web tersebut, Anda bisa memilih beberapa versi sesuai kebutuhan.

2. Ekstract OpenCart

Setelah file diekstrak, kemudian buat directory baru pada localhost/xampp tepatnya pada folder htdocs seperti pada gambar di bawah ini :

lokasi

2. Setelah folder baru dibuat (pada percobaan ini saya membuat folder Online), copy file- file berikut ini dari hasil ekstraksi Opencart ke dalam folder baru tersebut.

copy

3. Berikutnya mulai instalasi Opencart dengan membuka localhost/*namafolder dalam kasus ini saya menuliskan localhost/Online pada URL

 3

Sehingga muncul tampilan sebagai berikut :

4

4. Selanjutnya masuk ke langkah instalasi kedua

5

Pada nomor 1, Anda harus memastikan bahwa semua PHP Setting sudah benar.

6

Pada nomor 2, Anda harus memastikan semua ekstensi yang dibutuhkan lengkap.

7

Pada nomor 3 di atas ternyata terdapat dua files yang hilang. Oleh karena itu, Anda bisa membuka folder Online, kemudian ganti nama config-dist menjadi config saja.

8

9

Selanjutnya buka folder Admin dan lakukan langkah yang sama :

10

11

Jika sudah reload page instalasi, maka tanda missing pada nomor 3 pun sudah hilang

12

Selanjutnya tinggal klik continue sebagai berikut

13

5. Sebelum mengisi form pada langkah instalasi ketiga Opencart, Anda perlu membuat database terlebih dahulu di phpMyAdmin sebagai berikut :

1

Setelah dibuat maka pada layar sebelah kiri phpMyAdmin akan terdapat database Online

2

6. Jika Database sudah dibuat maka kita bisa melanjutkan ke langkah ketiga instalasi yaitu Configurasi sebagai berikut :

3

4

Isikan form sesuai dengan contoh diatas.

7. Finished

5

Jika muncul gambar di atas, itu berarti Anda telah sukses menginstall Opencart di localhost. Yeeeeyyy…😀
Selama saya magang tiga hari di sini, untuk pertama kalinya project berhasil dikerjakan, So sweet… T.T

Perlu diperhatikan bahwa kita harus menghapus folder instalasi pada folder Online di htdocs…. setelah itu Anda bisa memulai menjelajahi fitur opencart baik sebagai user maupun sebagai admin. Jika Anda mengikuti langkah di atas maka untuk bisa melihat dashboard admin Anda bisa mengklik Login to Your Administrator dari gambar di atas atau dengan mengetikkan localhost/Online/admin pada browser
6

Pada kotak username dan password masukkan sesuai dengan yang anda masukkan pada langkah instalasi configuration. Pada kasus ini saya memasukkan kata admin dan admin. Maka akan muncul tampilan di bawah ini :
7

Jika Anda ingin melihat tampilan sebagai user maka bisa mengklik Go to Your Online Shop pada langkah terakhir instalasi atau dengan menuliskan localhost/Online pada browser, berikut adalah tampilannya :
8

well readers, demikian penjelasan singkat mengenai cara instalasi Opencart di localhost. Meskipun project instalasi sudah selesai dengan memuaskan, masih ada bayang- bayang gelap yang membayangi kelompok kami yaitu get content yang masih juga belum berhasil sekarang sudah ditambahi lagi dengan post content. Wuuuuh… so depressed…
-_-

Mungkin jika saya hidup di dunia yang sama dengan spongebob acara kartun yang gila abis dan gak masuk akal itu, hanya ada satu kata yang bisa saya katakan yaitu “hamina…. hamina…. hamina…”
Yah… dunia tidak akan kiamat sampai di situ, oleh karena itu kami bertekad untuk tetap berjuang sekuat tenaga menyelesaikan amanah yang diberikan kepada kami. Mohon doanya ya readers…

Semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat bagi kalian semua ya…
Hope you can enjoy my writing…

Dan jangan lupa untuk mengunjungi web saya besok lagi ya… karena pastinya ada postingan yang lebih menarik untuk dibaca. Semangat Ramadhan,,,,, o.O

Wassalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s