Day 8 – Magang di Duxeos Software House 8 Juli 2014

Assalamu’alaykum warohmatullohi wabarokatuh
😀😀😀

Evening Readers…Udah 2 hari nih saya gak posting, maklum suasana tenang pemilu jadi saya juga harus menenangkan pikiran supaya lebih afdhol milihnya hahaha

Readers…flash back ke 2 hari yang lalu (mencoba mengingat apa yang saya lakukan). Oke, setelah terakhir kelompok 4 mempelajari dan melengkapi tutorial mengenai suatu online shop milik client, kini saatnya untuk terjun ke lapangan guna mengajarkan secara langsung kepada client. Mungkin dalam bahasa yang lebih keren dan familiar, kami bisa disebut sebagai tentor atau instructor.

Ada sedikit pengalaman menarik ketika kami hendak berangkat menuju ke tempat client, karena saya sedikit ragu apakah client ada di tempat sesuai perjanjian yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya. Akhirnya, saya memutuskan untuk mengirimkan pesan singkat atau sms kepada istri sang client. Saya mengucap salam kemudian bertanya tentang perjanjian tentoring yang akan dilakukan. Dan anehnya, sang ibu hanya membalas sms dengan menjawab salam saya tanpa menjawab pertanyaan saya T.T. Kemudian dengan hati yang sedikit ragu, maka kami putuskan untuk tetap menepati janji, karena kami tidak mau menjadi seorang yang munafik. Karena salah satu ciri manusia munafik adalah mereka yang selalu mengingkari janji. Na’udzubillah

Then… kami pun berangkat dan sampai di lokasi alias rumah client. Sesampainya di sana, kami disuruh menunggu sekitar setengah jam karena sang ibu sedang melaksanakan kewajibannya. Ya itulah wanita yang sudah berkeluarga, wajib mengurus rumahnya. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya sang ibu sudah selesai mengurus pekerjaannya dan kami memulai kegiatan belajar mengelola online shop bersama. Pertama kami mengajarkan bagaimana mengatur facebook agar bisa menyembunyikan daftar teman, sehingga hanya pemilik akun yang bisa melihatnya saja. Hal ini dilakukan berdasarkan permintaan dari client yang ingin menjaga pasarnya.

Selanjutnya kami beralih ke twitter, karena mungkin selama ini client hanya update status jadi gak tau caranya upload gambar. Yupz… untuk penjelasan mengenai twitter, saya serahkan kepada anggota kelompok yang satunya.

Akhirnya, sampai ke tahap terakhir yaitu mengelola online shop mereka. Setelah masuk sebagai admin, kami pun menjelaskan tentang bagaimana menambah kategori barang, menambah produk yang dijual, cara mengetahui pesananan, mengelola pelanggan, bagaimana memberikan diskon pada pelanggan, tentang tata cara sistem pembayaran. Kegiatan belajar ini berjalan sekirar satu jam lamanya, cukup cepat ya, mungkin karena sang ibu selama ini selalu mengikuti perkembangan sosial media di internet jadi tidak begitu susah mengajarinya.

Setelah itu pun, kami kembali ke kantor Duxeos untuk melanjutkan kegiatan magang di lokasi. Sesampainya di sana, kami melanjutkan kegiatan dengan mengerjakan tugas yang masih terbengkalai dengan suasana hati yang ceria. Apapun hasilnya tetap bismillah, karena semua akan indah pada waktunya. Dan benar saja, itulah yang kami rasakan pada saat itu, karena besoknya adalah hari libur nasional karena akan diadakan pemilu presiden dan wakil presiden Indonesia untuk periode 2014 sampai 2019. Ya siapapun yang menang semoga semuanya bisa saling bahu membahu untuk membangun negara kita tercinta aamiin.

Salam dan Semangat Ramadhan o.O

Wassalamu’alaykum warohamtullohi wabarokatuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s